PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL
Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang
sering dipakai untuk belajar algoritma dan pemrograman bagi pemula terutama di
bidang akademis.
Saat ini
pascal juga masih menjadi bahasa pemrograman standar untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer.
Selain itu, mayoritas jurusan komputer di Indonesia juga menggunakan bahasa
Pascal di tahun pertama bangku kuliah.
Nama Pascal
diambil dari ahli matematika Prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pemrograman Pascal dikembangkan
oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970 dan mencapai puncak
kepopulerannya di pada era 1970 hingga awal 1990an (terutama dengan compiler
Turbo Pascal).
Pascal sempat
menjadi bahasa pemrograman utama dalam pengembangan Apple Lisa, yakni cikal bakal sistem operasi Apple Macintosh, dan Apple pernah merilis sistem
operasi Apple Pascal. Photoshop versi
pertama juga dibuat menggunakan bahasa Pascal.
Bahasa Pascal menerapkan konsep procedural dan structured
programming yang baik, sehingga pas untuk belajar konsep programming. Perintah
Pascal mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan
read.
Tipe Data yang Sering Digunakan di Pascal
Char -> hanya menampung satu karakter
string -> menampung lebih dari satu karakter
Boolean -> hanya mempunyai dua nilai True atau False
Integer -> -32.768 s/d 32.767 (gak bisa bilangan desimal)
longint -> -2.147.483.648 s/d -2.147.483.648(gak bisa
bilangan desimal)
read -> 2,9 x 10-39 s/d 1,7 x 1038 (untuk menampung bilangan
desimal)
Tipe Data dan Operator
Tipe Data menunjukkan suatu nilai yang dpat digunakan oleh
sutu variable yang bersangkutan.
Tipe Data dalam Pascal :
1. Tipe Data Sederhana, terdiri dari :
a. Tipe data standar :
- integer : merupakan tipe data berupa bilangan bulat
- real : merupakan jenis bilangan pecahan
- char : merupakan karakter yg ditulis diantara tanda petik
tunggal. Ex : ‘A’, ‘a’, ‘5′ dll
- string : merupakan urut-urutan dari karakter yang terletak
di antara tanda petik tunggal.
- boolean : merupakan tipe data logika, yang berisi dua
kemungkinan nilai: TRUE atau FALSE .
b. Tipe data didefinisikan pemakai
2. Tipe Data Terstruktur, terdiri dari :
a. Array
b. Record
c. File
d. Set
3. Tipe Data PointerOperator
Tanda operasi (operator) di dalam bahasa Pascal di
kelompokkan dalam :
1. Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan
simbol titik dua diikuti olehtanda sama dengan (:=). Contoh –> A:=B;
2. Binary operator digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand
yang berbentuk konstanta ataupun variable. Operator ini digunakan untuk operasi
arithmatika yang berhubungan dgn nilai tipe data Integer dan Real. Operasi yang
dilakukan adalah : Pertambahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian
Bulat (DIV), Pembagian Real (/) dan Modulus atau Sisa Pembagian (MOD)
3. Unary operator, operator ini menggunakan sebuah operand
saja dapat berupa unary minus dan unary plus. Contoh : +2.5, a+(+b) dll
4. Bitwise operator digunakan untuk operasi bit per bit pada
nilai integer.
Operator yang digunakan (NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr
Dasar Program Pascal
Unsur-unsur Pemrograman
a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input
(key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang
sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default
output (monitor, file atau tujuan lainnya).
Nama yang dipergunakan du dalam program Pascal disebut dengan
pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program
(procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label.
Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam
program. Ketentuan penulisan identifier
a. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf
alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore - garis bawah)
b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau
kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).
c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32
- 63.
d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + - * / | \ =
< > [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ?
Contoh penulisan:
Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll.
Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll.
Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat
berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah :
a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal
b. Menentukan tipe data variabel
Contoh deklarasi variabel: var X : integer;
R : real;
C : char;
T : boolean;
Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya
tidak berubah di dalam program.
Deklarasi Konstanta adalah:
a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal
b. Menentukan nilai konstanta
Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer}
ExitC = ‘Q’; {char}
Reserved Words atau kata-kata cadangan pada Pascal adalah
kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal yang mempunyai maksdu
tertentu.Suatu Unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variabel,
prosedur dan fungsi-fungsi. Unit standar pada Pascal yang bisa langsung
digunakan adalah System, Crt, Printer Dos dan Graph. Untuk menggunakan suatu
unit, maka kita harus meletakkan clausa atau anak kalimat Uses di awal blok
program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan. Pada materi ini yang
akan dibahas adalah unit Crt. Unit ini digunakan untuk memanipulasi layar teks
(windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard
dan lain sebagainya.
Beberapa Statemen Turbo Pascal
Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal.
Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata
cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap
statemen diakhiri dengan titik koma [;].
Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan
yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar
Turbo Pascal.
1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output.
# Read/Readln [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat
keyboard ke dalam suatu variabel. Sintaks: Read/Readln(x); (ingat, selalu
diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan : x = variabel.
Read = pada statemen ini posisi kursor tidak pindah ke baris
selanjutnya.
Readln = pada statemen ini posisi kursor akan pindah ke baris
selanjutnya setelah di input.
# Write/Writeln [prosedur].
Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di
layar. Sintaks: Write/Writeln(x);
Keterangan : x = variabel.
Write/Writeln= statement ini digunakan untuk mencetak
variable ke dalam monitor
2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak
layar.
# ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
sintaks: ClrScr; [Clear screen]
Pada Bahasa Pemrograman Turbo Pascal terdapat struktur
program, di mana struktur program tersebut terdiri atas :
1. Kepala Program
2. Bagian Deklarasi
3. Bagian Program Utama
Ketiga hal di atas mempunyai bentuk umum :
Kata-kata yang bergaris bawah pada bentuk umum di atas adalah
kata-kata tercadang dalam Turbo Pascal (Reserved Word). Kepala program adalah
bagian yang menyatakan judul dari program yang akan dibuat. Nama program
mempunyai beberapa ketentuan, yaitu:
_ Tidak boleh menggunakan kata-kata tercadang.
_ Tidak boleh dipisahkan oleh spasi.
_ Tidak boleh menggunakan simbol (-) tetapi menggunakan (_)
atau garis bawah.
_ Dapat menggunakan huruf besar/ kecil dan juga angka.
Program Utama
Program utama adalah program yang berisikan
pernyataan-pernyataan dalam Turbo Pascal. Ini merupakan komponen kedua dari
turbo pascal yang selalu terdiri atas deklarasi data, prosedur dan fungsi.
Program Utama diawali dengan pernyataan Begin dan diakhiri dengan End.
Pernyataan dasar yang paling banyak digunakan dalamprogram
Pascal adalah :
_ Write
_ WriteLn
_ Read
_ ReadLn
Write adalah pernyataan yang digunakan untuk menuliskan teks
/ komentar tanpa perpindahan kursor jika tombol Enter ditekan. Bentuk umum :
Write (‘ Teks atau komentar ‘);
Jika perintah tersebut dijalankan :
Teks atau komentar
Jika tombol Enter ditekan akan menjadi :
Teks atau komentar _ (tanpa perpindahan baris)
WriteLn pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan
Write, bedanya jika tombol Enter ditekan maka kursor akan berpindah ke baris
setelahnya.
Bentuk umum :
Writeln (‘ Teks atau komentar ‘);
Jika perintah tersebut dijalankan :
Teks atau komentar
Jika tombol Enter ditekan akan menjadi :
Teks atau komentar
_ (dengan perpindahan baris)
Read digunakan untuk membaca data atau memasukkan nilai ke
dalam sebuah Variabel tanpa perpindahan baris.
Sebuah program Pascal berisi kepala program, anak kalimat
uses (tidak harus ada), serta blok pengumuman dan pernyataan. Kepala program
menunjukkan nama program. Anak kalimat uses menggunakan unit-unit yang dipakai
oleh program tersebut. Bagian terakhir merupakan blok yang berisi pengumuman
dan pernyataan yang akan dijalankan.
Setiap program pascal mempunyai susunan sebagai berikut :
Program Nama_program;
Uses
….. {unit-unit yang dipakai};
Label
….. {label-label yang dipakai};
Const
….. {pendefinisian konstanta yang dipakai};
Type
…. {pendefinisian tipe-tipe data};
Var
….. {pendefinisian peubah};
Procedure Nama_prosedur ;
Begin
…..
End;
Function Nama_function ;
Begin
…..
End;
{ Program Utama }
Begin
…..
End.
Unsur aturan penulisan dasar akan digabung membentuk ungkapan
(expressions), pendeklarasian (declarations), dan pernyataan (statements).
Pernyataan menggambarkan tindakan algoritma yang dapat dijalankan dalam
program. Setiap ungkapan adalah sebuah aturan kesatuan aturan penulisan yang
terdapat dalam pernyataan dan menunjukkan sebuah nilai. Setiap ungkapan terdiri
dari operator dan operand. Sedangkan pengumuman menegaskan sebuah pengenal
(identifier) yang dapat digunakan pada ungkapan atau pernyataan, dan bila
diperlukan memesan tempat pada pengingat untuk pengenal tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar